Welcome to Cuma Iseng

DRBear's speaking, please keep Cuma Iseng - ing! XD

Yap , karena teman saya Nada Thifali (cieee ada di blog gue) bilang ko jepang semua? Akhirnya gue memutuskan untuk ngebuat entri yang bukan jepang. Dan silahkan dinikmati -_-"/

Tahukah Anda apa itu narsis? istilah ini sangat berkembang belakangan ini , jika anda belum tau apa itu narsis berikut kisahnya yang saya kutip dari Anthony Dio Martin. Bahasan tentang narsisme tidak lepas dari mitologi Yunani kuno.

Alkisah ada seorang dewa bernama Narcissus. Parasnya sangat tampan. Saking rupawannya , banyak dewi-dewi yang tertusuk panah asmaranya. Termasuk Dewi Echo. Suatu hari, Dewi Echo mengutarakan isi hatinya kepada Narcissus. Tapi , lelaki ini menolaknya dengan kasar. Dewi Echo pun hengkang (?) (Kayanya marah deh) dengan hati penuh luka sampai ajalnya tiba. Melihat ini, Dewa Apollo marah besar dan mengutuk narcissus itu , bahwa hingga akhir hidupnya , Narcissus tidak akan pernah mengetahui cinta manusianya. Kutukan pun jadi kenyataan. Suatu hari , Narcissus kehausan. Dia sampai di sebuah kolam yang airnya sangat jernih. Di tepi kolam itu, dia kemudian berjongkok dan ingin meminum airnya.

Saat berjongkok , dia pun melihat bayangan dirinya di permukaan kolam itu. Langsung saja, saat melihat bayangan dirinya yang tampan , Narcissus jatuh cinta pada bayangan itu (wew maho -_-"). Namun, bayangan itu tidak memberinya respons sama sekali. Konon akhirnya Narcissus kemudian mati di tepi kolam tersebut.

Other Version
Dari salah satu koran di Indonesia , awalnya sama tapi akhirnya beda. Endingnya : waktu dia ngaca , dia langsung suka sama dirinya. Terus jadi gila deh.

Inilah kisah mitologi kuno yang pada 1898 oleh seorang psikolog dari Inggris bernama Havelock Ellis dijadikan sebagai simbol untuk orang yang terlalu mencintai dirinya sendiri.
Sejak itulah dikenal istilah narsistik yang menggambarkan manusia yang hanya berfokus pada dirinya sendiri serta menikmati pujaan dari orang lain kepadanya.

Bahkan, sekarang ini, dalam Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM-IV-TR) dikenal pula adanya Narcissistic personality disorder (NPD) yang dianggap sebagai salah satu dari gangguan kepribadian.


Sekian terimakasih! Semoga bermanfaat! Keep cuma iseng - ing!


Thanks to : kaskus.us
Bella : http://bellarisasblog.blogspot.com/

2 komentar : Leave Your Comments

  1. kalo gue baca di koran dia ngeliat cermin, trus langsung deh gila, suka sama diri sendiri. hahaha ;p

    BalasHapus