Welcome to Cuma Iseng

DRBear's speaking, please keep Cuma Iseng - ing! XD


Profil

Pocong adalah sejenis hantu di INDONESIA yang berwujud pocong. Pocong adalah jiwa atau roh seseorang yang terperangkap di setelannya aka kain kafan. Kain kafan digunakan oleh umat Islam untuk menutup tubuh orang yang meninggal. Mereka menutupi mayat dengan kain putih dan diikat dengan tali di atas kepala , di bawah kaki , dan pada leher. Jadi yang jadi pocong cuma orang islam? Ga tau deh -_-. Menurut kepercayaan asli , jiwa orang mati akan tinggal di bumi selama 40 hari setelah kematian. Bila ikatan tidak dilepaskan setelah 40 hari , tubuhnya dikatakan akan melompat keluar dari kuburannya untuk memperingatkan orang-orang untuk melepaskan ikatannya. Setelah ikatannya dilepaskan , jiwanya akan meninggalkan bumi dan tidak pernah muncul lagi. Karena diikat di bawah kaki , hantu tidak bisa berjalan. Sehingga pocong berjalan dengan cara melompat.

Kepercayaan akan adanya hantu pocong hanya berkembang di Indonesia, terutama di Jawa dan Sumatera. Walaupun penggambarannya mengikuti tradisi muslim, umat beragama lain pun ternyata dapat mengakui eksistensi hantu ini.

Ada yang bilang lompatannya jauuuuuh banget jadi kita ga bisa lari darinya. Terus ada juga yang bilang kalo ketangkep terus kita pingsan udah gitu besoknya badan kita bau mayat :S.

Appearance


Penggambaran pocong bervariasi. Dikatakan , pocong memiliki wajah berwarnah hijau dengan mata yang kosong. Penggambaran lain menyatakan , pocong berwajah rata dan memiliki lubang mata berongga atau tertutup kapas dengan wajah putih pucat. Ada juga yang bilang bahwa pocong bermuka seperti mayat yang sangat pucat.

Other fact

Meskipun pocong dalam film sering digambarkan bergerak melompat-lompat , ternyata ada mitos tentang pocong malah menyatakan pocong bergerak melayang - layang. Hal ini bisa dimaklumi , sebab di film-film pemeran pocong tidak bisa menggerakkan kakinya sehingga berjalannya harus melompat - lompat. Keadaan ini pula yang menimbulkan suatu pernyataan yang biasa dipakai untuk membedakan pocong asli dan pocong palsu di masyarakat. Lihat saja cara berjalannya. Bila berjalannya melompat - lompat , lempar saja dengan batu , pasti akan teriak-teriak.

Di Malaysia, hantu semacam ini dikenal pula sebagai hantu bungkus (Lu kira lemper? -_-").

Alhamdullilah sampe sekarang gue belom pernah ketemu sama pocong mudah - mudahan aja ga pernah ketemu sama yang kaya ginian ((๏_๏)). Amin O:) Maap gambarnya dikit , gue ngeri masukinnya -_-


Semoga bermanfaat , keep cuma iseng - ing!

0 comments :

Posting Komentar