Welcome to Cuma Iseng

DRBear's speaking, please keep Cuma Iseng - ing! XD


What it is?

Purin adalah makanan yang paling disukai di jepang baik muda atau tua. Purin adalah pudding dari jepang yang terbuat dari campuran telur , susu , dan gula. Lalu dibagiab atas (dibagian bawah cetakan karena nanti dibalik) diberi karamel. Lalu panaskan , kemudian dinginkan. Dan tinggal keluarkan dari cetakan. Mudah kan?

How it is taste?

Purin mempunyai rasa manis yang halus dari telur dan rasa manis pahit yang di akibatkan oleh campuran susu dan karamel. Sehingga mempunyai rasa yang spektakuler!

Where it is come from?

Purin berasal dari kata bahasa inggris yaitu "pudding". Purin orang jepang terinspirasi dari pudding orang inggris. Sekitar akhir tahun 1500-an (pada zaman pelayaran) banyak remah remah roti di kapal. Lalu orang jepang berinisiatif membuat pudding dengan menggabungkan remah roti tersebut dengan tepung , lemak , dan telur. Lalu mereka kukus dan dikeraskan hanya dengan telur cair. Lalu mereka tambahkan lagi roti dan buah - buahan sebagai toppingnya. Jadi deh pudding custard , yang akhirnya orang jepang sebut Purin




Aaaa pengen kayanya enak banget -_-. Soalnya waktu gue nonton anime "kyo no go no ni" pada berebutan purin -_-. OK btw kalo mau buat purin berikut resepnya :

Custard Purin

Custard Purin adalah yang paling terkenal diantara jenis purin lainnya , berikut bahan bahannya

2 cangkir susu
2/3(2 per 3) cangkir gula
4 telur
1 sendok makan "vanilla extract
butter"

*untuk Sauce
6 sendok makan gula sugar
2 sendok makan water

Butter individual pudding molds (Mentegain cetakan puding kayanya)

Membuat sauce

Masukan 2 sendok makan air ke wajan yang ingin kita gunakan untuk membuat sauce.
Masukan 6 sendok makan gula dan panaskan sampai sauce menjadi coklat (jadi karamel).
Tuangkan beberapa sauce di cetakan. (Untuk bagian atas purin)

Membuat puddingnya

Masukan susu ke wajan yang berukuran sedang dan panaskan sampai 140° F. (Sekitar 62° C mudah mudahan ga salah ngitung :P)
Larutkan gula dengan susu dan tambahkan vanilla extract.
Matikan api.
Buka telur secara perlahan di mangkuk.
Lalu masukan susu hangat secara bertahap ke campuran telur yang sudah dipecahkan tadi.
Saring campuran adonan telur tadi ke mangkuk yang baru.
Buang / hilangkan beberapa gelembung yang ada di permukaan campuran adonan telur.
Gabungkan adonan telur tadi ke cetakan yang berisi sauce tadi.

Taruh cetakan puding yang sudah berisi adonan tadi ke kukusan lalu kukus 15 sampai 20 menit dengan api kecil/panas yang rendah.

Matikan apinya dan biarkan sampai dingin.

Lepaskan pudding dari cetakan dan sajikan di piring. Diatas pudingnya juga bisa ditaro buah sebagai topping sesuai selera :D. Dan purin si lembut yang spektakuler siap disantap!


Gue belom nyoba sih resep ini mudah - mudahan aja bener , soalnya gue ngambil resepnya dari internet XD


Sekian , semoga bermanfaat! Keep cuma iseng - ing!

0 comments :

Posting Komentar