Welcome to Cuma Iseng

DRBear's speaking, please keep Cuma Iseng - ing! XD


Halo, kali ini saya akan membahas heuristic evaluation menurut Nielsen bagian consistency and standard. Sebelumnya apa sih user consistency and standard? Consistency and standard adalah user tidak harus memikirkan judul tab yang berbeda, situasi yang berbeda, atau aksi yang berbeda namun fungsinya sama. Konsisten seperti namanya berarti tidak berubah atau tetap. Menu atau nama yang tetap dapat membantu memudahkan user dalam melakukan apa yang ia inginkan pada website. Kali ini saya akan membahas consistency and standard pada web petshopindonesia. Tujuan dari post ini bukanlah menjatuhkan suatu pihak, tetapi hanya mengingatkan tentang interface petshopindonesia. Berikut contoh kekurangan pada masalah consistency and standard :

Contoh 1 :

Menu Anjing


Ketika kita kita sampai pada menu anjing, kita dihadirkan dengan gambar anak anjing yang menggemaskan sehingga kita tertarik untuk belanja pernak - pernik anjing. Namun, gambar seperti itu hanya muncul ketika membuka menu anjing. Ketika membuka menu kucing, reptil, dan lain - lain, tidak diberikan gambar sehingga ketidakkonsistenan pun timbul. Sebagai penyuka kucing, saya mendapatkan sedikit kecemburuan terhadap page anjing tersebut. Karena jika diberikan gambar kucing pada menu kucing, gambar reptil pada menu reptil, dan seterusnya, web ini akan menjadi terlihat lebih menarik dibandingkan sebelumnya.

Solusi yang dapat kami sarankan adalah memberikan gambar binatang pada page yang sesuai guna menarik perhatian para pengunjung.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 1. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, karena sistem masih dapat bekerja dengan baik tanpa menyelesaikan masalah tersebut. Penyelesaian masalah tersebut hanya bertujuan untuk menarik perhatian para pengunjung. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat dilakukan ketika ada waktu luang.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh 2 :

Slider Promo dan Iklan

Halaman home pada petshopindonesia.com terdapat sebuah slider yang dikelilingi oleh tumpukan iklan. Kumpulan iklan tersebut memiliki ukuran gambar yang berbeda - beda sehingga terlihat tidak konsisten. Slider pun hanya terdiri dua promosi yang tidak bisa kembali ke promosi pertama jika sudah berada di promosi kedua (tidak bisa kembali ke awal slidernya). Slider yang hanya berisi dua tersebut terlihat kurang berisi sehingga tidak efektif jika dijadikan slider (karena ada yang sudah diberikan iklannya).

Solusi yang dapat kami sarankan adalah penggabungan antara slider, promo dan gambar bantuan. Slider nantinya berisi promo, iklan, dan gambar bantuan sehingga terlihat lebih berisi dan tidak berantakan. Selain itu slider harus dapat kembali dari gambar terakhir ke gambar awal agar user tidak harus banyak mengklik untuk kembali ke awal. Pemberian pergerakan otomatis ketika iddle juga dapat menarik perhatian user.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 1. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, karena sistem masih dapat bekerja dengan baik tanpa menyelesaikan masalah tersebut. Permasalahan tersebut ditimbulkan oleh letak iklan yang tidak konsisten dan slider yang kurang efektif. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat dilakukan ketika ada waktu luang.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh 3 :

Tab Menu

Pada tab menu terdapat beberapa baris sub menu per kolom, ada yang dua bahkan ada yang empat. Hal ini membuat menu terlihat tidak konsisten dan menjadi tidak enak untuk dilihat. Alangkah baiknya jika dibuat sekonsisten mungkin menunya, karena user akan menjadi bingung untuk memilih menu yang terlalu banyak.

Solusi yang kami sarankan adalah menambah kolom yang tadinya enam menjadi 7 sehingga nutrition dan care terdapat pada kolom baru atau membuat dropdown menu dengan hanya menulis list submenu seperti (aquatic, terrarium, breeding dan lain - lain) dan ketika diklik nantinya user akan diarahkan ke submenu yang dipilih (ketika klik aquatic, akan muncul dekorasi dan teknikal)

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 1. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, karena sistem masih dapat bekerja dengan baik tanpa menyelesaikan masalah tersebut. Masalah tersebut adalah masalah yang ditimbulkan akibat peletakan menu yang kurang sesuai. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat dilakukan ketika ada waktu luang.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh 4 :

Gift & Merchandise


Pada bagian gift & merchandise, tulisan pada kotak merah tersebut agak kurang ke tengah dan sedikit mengganggu. Sedangkan pada menu lain sudah sesuai. Peletakan yang kurang ke tengah tersebut, dapat membuat user kurang nyaman dan sedikit terganggu (karena yang lain normal dan yang ini tidak).

Solusi yang kami sarankan adalah perubahan ukuran font dan membuat tulisan menjadi lebih ke tengah.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 1. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, karena sistem masih dapat bekerja dengan baik tanpa menyelesaikan masalah tersebut. Masalah tersebut adalah masalah yang ditimbulkan akibat peletakan penulisan kurang sesuai. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat dilakukan ketika ada waktu luang.



Sekian ulasan consistency dan standard dari saya, sekali lagi saya tidak berniat untuk menjatuhkan. Semoga dapat menjadi koreksi bagi pihak yang di evaluasi. 

Terimakasih, Keep Cuma Iseng - ing!!

2 komentar : Leave Your Comments

  1. Saya setuju dengan pendapat anda mengomentari bagian pertama. yaitu kekonsistenan terkait gambar yang ditampilkan,menurut saya kalau memang tidak menampilkan semua gambar pada sub-sub judul, sebaiknya dihilangkan saja gambar anjing tersebut. Setelah saya mencek gambar tersebut, ternyata gambar tersebut bukanlah suatu hyperlink yang merujuk pada pengapdosian anjing. Sehingga menurut saya baiknya untuk dihilangkan saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yap, itu hanya gambar dan hyperlink. Tapi akan terlihat menarik jika diberikan setiap gambar pada setiap page hewan. Akan menjadi daya tarik tersendiri untuk menarik para pecinta hewan untuk membeli barang yang dijual di petshopindonesia tersebut

      Hapus