Welcome to Cuma Iseng

DRBear's speaking, please keep Cuma Iseng - ing! XD


Halo, kali ini saya akan membahas heuristic evaluation menurut Nielsen bagian error prevention. Sebelumnya apa sih error prevention? Error prevention adalah bagaimana mengemas suatu system sehingga system mencegah user untuk mengalami error. Pencegahan tersebut dapat dilakukan dengan konfirmasi setiap aksi user, pemberitahuan ada kesalahan dengan tulisan merah, dan lain - lain. Kali ini saya akan membahas error prevention pada web petshopindonesia. Tujuan dari post ini bukanlah menjatuhkan suatu pihak, tetapi hanya mengingatkan tentang interface petshopindonesia. Berikut contoh kekurangan pada masalah error prevention :

Contoh 1 :

Form Registrasi


Pada form registrasi, kita dapat menulis email tanpa @xxxx.com, dan password yang berbeda. Kejadian tersebut tidak ditandai dengan munculnya tulisan error, hingga kita mengklik tombol kirim. Ketika kita mengklik tombol kirim, baru munculah tulisan error pada email dan password yang berbeda. Seharusnya ketika kita mengetik pertama kali, system harus dapat membaca kesalahan dari user, sehingga user tidak harus bekerja dua kali. Dalam kasus ini sistem baru dapat mengetahui error ketika user mengklik kirim, sehingga user harus mengganti kembali yang telah ia tuliskan (otomatis user dua kali kerja).

Solusi yang kami sarankan adalah penambahan notifikasi error ketika mengetik form registrasi tanpa harus mengklik kirim terlebih dahulu untuk memunculkannya.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 2. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, karena sistem dapat mendeteksi error ketika kita mengirim namun tidak saat kita mengetik, oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat diberikan prioritas yang rendah.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh 2 :

Form Search

Pada form search, alangkah baiknya jika dilengkapi dengan autocorrect. Sehingga ketika user mengalami typographical error, system masih dapat mengeluarkan output sesuai dengan yang diinginkan oleh user. Dalam kasus ini sistem tidak bisa melakukan search ketika user salah ketik, dan user harus mengetik kembali di form search untuk mencari kembali yang dia inginkan. Yang diakibatkan adalah user harus bekerja dua kali.

Solusi yang kami sarankan adalah penambahan autocorrect, yaitu pencarian system dengan cara mencari keyword terdekat yang sering dicari jika terjadi kesalahan dalam pengetikan.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 2. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, karena salah ketik adalah kesalahan yang dibuat oleh user dan tidak menimbulkan efek fatal, oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat diberikan prioritas yang rendah.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh 3 :

Tas Belanja

Ketika kita membuka tas belanja, maka akan muncul tampilan di atas. Tampilan tersebut sudah sangat baik dan mudah dimengerti. Namun, ketika menghapus salah satu dari daftar, tidak muncul suatu notifikasi yang membutuhkan konfirmasi user seperti "apakah anda yaking, barang tersebut dihapus dari tas belanja?". Notifikasi tersebut sangat penting untuk mencegah kesalahan klik yang disebabkan oleh user.

Solusi yang dapat kami sarankan adalah memunculkan notifikasi ketika ingin menghapus daftar belanja agar tidak terjadi kesalahan klik.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 3. Permasalahan tersebut merupakan permasalah cukup besar, hal ini dikarenakan ketika user tidak sengaja menghapus belanjaannya, user harus memilih kembali belanjaannya dan pengulangan kerja tersebut dianggap tidak efektif. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat diberikan prioritas yang tinggi.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh 4 :

Dead Link

Pada promo yang disediakan oleh petshopindonesia terdapat deadlink, sehingga ketika user memilih "Gebyar Diskon Online", maka akan dialihkan ke lamam "Error 404". Ketika kita memilih "Daftar & Dapat Voucher & Newsletter" dan "Ready to adopt", tidak terjadi apapun. Hal - hal tersebut akan membingungkan user, jika link sudah mati (deadlink) alangkah baiknya jika dihilangkan demi kenyamanan belanja user.

Solusi yang kami sarankan adalah melakukan maintenance terhadap web dan melakukan pengecekan terhadap setiap link untuk mengatasi adanya deadlink. Jika ditemukan deadlink alangkah baiknya jika diperbaharui atau dihilangkan.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 3. Permasalahan tersebut merupakan permasalah cukup besar, karena user dapat kebingungan dan berhenti mencari ketika muncul "Error 404". Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat diberikan prioritas yang tinggi.


Sekian ulasan error prevention dari saya, sekali lagi saya tidak berniat untuk menjatuhkan. Semoga dapat menjadi koreksi bagi pihak yang di evaluasi. 

Terimakasih, Keep Cuma Iseng - ing!!

2 komentar : Leave Your Comments

  1. Dari contoh 4 di atas, saya sangat sependapat jika 'deadlink' seharusnya segera ditangani melalui maintenance yang dilakukan secara berkala karena deadlink tersebut seringkali membuat pengunjung merasa tidak nyaman atau bahkan membuat pengunjung menjadi bingung.

    BalasHapus
  2. Analisanya bagus.
    Hanya ingin menambahkan untuk kasus 4. Pada heuristic evaluation kasus "Error 404" termasuk juga dalam prinsip "Help User Recognize, Diagnose, and Recover From Errors". Di mana dalam prinsip ini, seharusnya pengguna tidak dihadapkan pada kode-kode atau informasi error yang teknikal, tidak mudah dimengerti.
    Maka ada baiknya untuk kasus "Error 404", pengembang web seharusnya menyediakan halaman default yang berisi keterangan yang lebih komunikatif dan mudah dimengerti oleh pengguna mengenai error apa yang sedang terjadi bila kondisi tersebut tercapai, yakni web page tidak tersedia.

    BalasHapus