Welcome to Cuma Iseng

DRBear's speaking, please keep Cuma Iseng - ing! XD


Halo, kali ini saya akan membahas heuristic evaluation menurut Nielsen bagian help and documentation. Sebelumnya apa sih help and documentation? Help and Documentation adalah sebuah bantuan bagi user untuk menjalankan fungsi yang ada di software. Walaupun lebih baik jika software dapat dijalankan tanpa dokumentasi, tapi alangkah baiknya jika diberikan help dan dokumentasi jika dibutuhkan. Informasi yang ingin didapatkan seharusnya mudah untuk dicari dan berfokus pada task user. Kali ini saya akan membahas help and documentation pada web petshopindonesia. Tujuan dari post ini bukanlah menjatuhkan suatu pihak, tetapi hanya mengingatkan tentang interface petshopindonesia. Berikut contoh kekurangan pada masalah help and documentation :

Contoh 1 :

Compare


Pada petshopindonesia.com diberikan suatu fitur untuk membandingkan suatu product dengan product lain namun, sampai sekarang saya masih belum menemukan cara untuk membandingkan beberapa product tersebut. Saya juga sudah membaca FAQ, dan disana tidak tercantum bagaimana cara untuk melakukan perbandingan product.



Solusi yang dapat kami sarankan adalah memberikan tambahan mengenai tutorial pada FAQ mengenai komparasi product disertai dengan screenshotnya.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 1. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, karena sistem masih dapat bekerja dengan baik tanpa menyelesaikan masalah tersebut. Penyelesaian masalah tersebut hanya bertujuan untuk membantu user menggunakan software secara efektif. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat dilakukan ketika ada waktu luang.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh 2 :

Wish List
Hal yang sama juga terjadi pada wishlist, tidak diketahui bagaimana cara melihat wishlist. Hal ini dikarenakan ketika memilih menu wishlist, yang keluar hanyalah page dengan blank putih. Hal ini dapat membingungkan user, jika secara tidak sengaja mengubah barang yang ada di tas belanja menjadi wish list. 

Solusi yang dapat kami sarankan adalah memberikan tambahan mengenai tutorial pada FAQ mengenai wishlist disertai dengan screenshotnya.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 1. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, karena sistem masih dapat bekerja dengan baik tanpa menyelesaikan masalah tersebut. Penyelesaian masalah tersebut hanya bertujuan untuk membantu user menggunakan software secara efektif. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat dilakukan ketika ada waktu luang.


Sekian ulasan help and documentation dari saya, sekali lagi saya tidak berniat untuk menjatuhkan. Semoga dapat menjadi koreksi bagi pihak yang di evaluasi. 

Terimakasih, Keep Cuma Iseng - ing!!

3 komentar : Leave Your Comments

  1. Saya setuju dengan evaluasi yang Rizky DRB sudah posting di atas pada masalah pertama. Terdapat fungsi compare di atas, tetapi tidak didapat dokumentasi cara penggunaannya, sehingga membingungkan user. Good job! :D feedback nya yaa kakaa~ gemabr.wordpress.com

    BalasHapus
  2. Saya setuju dengan evaluasi anda,tidak ada menu bantuan ataupun dokumentasi pada cara penggunaannya fungsi compare diatas. nice analysis.

    BalasHapus
  3. Ulasan yang menarik memang seharusnya jika website memiliki fungsi yang baik harus di seimbangkan dengan sosialisasi atau dokumentasi yang memadai, agar fitur tersebut bisa dimanfaatkan oleh pengguna sepenuhnya.

    BalasHapus