Welcome to Cuma Iseng

DRBear's speaking, please keep Cuma Iseng - ing! XD



Halo, kali ini saya akan membahas heuristic evaluation menurut Nielsen bagian user control and freedom. Sebelumnya apa sih user control and freedom? User control and freedom adalah cara untuk menanggulangi jika user memilih fungsi secara tidak sengaja (sering disebut "emergency exit"). Sebaiknya suatu system dilengkapi dengan undo dan redo. Kali ini saya akan membahas user control and freedom pada web petshopindonesia. Tujuan dari post ini bukanlah menjatuhkan suatu pihak, tetapi hanya mengingatkan tentang interface petshopindonesia. Berikut contoh kekurangan pada masalah user control and freedom :

Contoh 1 :

Tas Belanja


Pada tas belanja, tidak sediakan fungsi untuk menghapus beberapa item pada tas belanja. User harus menghapus satu - satu, sehingga akan susah jika user memiliki banyak belanjaan. User harus teliti ketika menghapus jika dalam kondisi banyak list belanjaan, karena jika salah satu terhapus maka user harus memilih kembali barang tersebut.

Solusi yang kami sarankan adalah pemberian kolom checkbox untuk menghapus beberapa item yang tidak diinginkan (disertai konfirmasi sebelum penghapusan : Apakah kamu yakin untuk menghapus x item dari tas belanja?).

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 1. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, karena sistem masih dapat bekerja dengan baik tanpa menyelesaikan masalah tersebut, oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat dilakukan ketika ada waktu luang.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh 2 :

Tas Belanja

Pada tas belanja jika kita tidak sengaja menghapus barang yang kita inginkan, tidak tombol undo atau redo. Sehingga ketika kita salah menghapus, kita mencari kembali barang yang kita inginkan otomatis kita melakukan dua kali kerja. Undo dan Redo sangat berguna untuk menanggulangi kesalahan user.

Solusi yang kami sarankan adalah penambahan tombol dan redo, ketika melakukan perubahan pada tas belanja.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 2. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, karena kesalahan tersebut jarang terjadi namun dapat menimbulkan dampak yang tidak baik. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat diberikan prioritas yang rendah.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh 3 :

Review Barang

Ketika kita kita menulis review, kita tidak dapat mengganti apa yang telah kita tulis dan bahkan tidak dapat melihat hasil review kita. Sistem hanya mengeluarkan output "Your review has been accepted for moderation" tanpa mengizinkan kita untuk undo atau edit review yang telah diberikan.

Solusi yang dapat kami sarankan adalah memunculkan hasil review sementara yang nantinya akan disubmit dan mengizinkan user untuk undo dan edit review tersebut.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 2. Permasalahan tersebut merupakan permasalah cukup kecil, hal ini dikarenakan user tidak dapat melihat dan mengganti hasil reviewnya. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat diberikan prioritas yang rendah.


Sekian ulasan user control and freedom dari saya, sekali lagi saya tidak berniat untuk menjatuhkan. Semoga dapat menjadi koreksi bagi pihak yang di evaluasi. 

Terimakasih, Keep Cuma Iseng - ing!!

2 komentar : Leave Your Comments

  1. Dalam Contoh 3, saya setuju dengan menambahkan fitur edit dan lihat kembali mengenai review yang kita buat agar lebih memudahkan perbaikan atau penambahan pada review apabila dibutuhkan. Jika fitur ini ditambah, maka akan lebih mengundang user lain untuk melakukan review.

    BalasHapus
  2. Ikut Komen, udah bagus untuk review dari Bujung. Fitur Undo redo sangat diperlukan bagi user ketika melakukan kesalahan pada saat penghapusan sebuah item. namun harus dilakukan notifikasi berupa alert "apakah anda ingin mengembalikan item yang terhapus?" atau item yg terhapus tadi sudah tersimpan secara otomatis di "garbage" layaknya hapus file di Drive Google atau Windows sehingga dengan mudah iser dapat restore ke tempat semula bila melakukan kesalahan hapus

    BalasHapus