Welcome to Cuma Iseng

DRBear's speaking, please keep Cuma Iseng - ing! XD


Halo, kali ini saya akan membahas heuristic evaluation menurut Nielsen bagian Visibility and System Status. Sebelumnya apa sih visibility and system status? Visibility and system status adalah sistem harus membuat user mengetahui apa yang terjadi dengan feedback pada waktu yang dapat dipungkiri. Status pada sistem membuat user mengetahui ia berada dimana dan sedang melakukan apa pada web. Kali ini saya akan membahas visibility and system status pada web petshopindonesia. Tujuan dari post ini bukanlah menjatuhkan suatu pihak, tetapi hanya mengingatkan tentang interface petshopindonesia. Berikut contoh kekurangan pada masalah visibility and system status :

Contoh 1 :

Tas Belanja

Saat kita membuka tas belanja saat kita menekan move to wishlist, sistem tidak mengeluarkan output apapun. Sistem baru mulai berjalan ketika kita menekan tombol perbarui tas belanja. Seharusnya ketika move to wishlist di klik check boxnya, terjadi suatu loading dan barang dipindahkan.

Solusi yang dapat kami sarankan adalah membuat web lebih interaktif, sehingga ketika diklik move to wishlist muncul loading dan barang tersebut berpindah ke wishlist.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 2. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, Permasalahan tersebut hanya membuat user menunggu keluaran yang tidak akan keluar. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat dilakukan dengan level prioritas yang rendah.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh 2 :

Tas Belanja & Informasi Product

Saat kita membuka tas belanja saat kita mengubah kuantitas barang, sistem juga tidak mengeluarkan output apapun. Sistem baru mulai berjalan ketika kita menekan tombol perbarui tas belanja. Hal yang sama juga terjadi pada penambahan kuantitas di informasi product. Seharusnya nilai dari harga total berubah sesuai dengan penambahan kuantitas, sehingga tidak terjadi ambiguitas.

Solusi yang dapat kami sarankan adalah membuat web lebih interaktif, sehingga penambahan kuantitas mengakibatkan penambahan harga total.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 2. Permasalahan tersebut merupakan permasalah kecil, Permasalahan tersebut hanya membuat user menunggu keluaran yang tidak akan keluar. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat dilakukan dengan level prioritas yang rendah.

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Contoh 3 :

Informasi Product

Pada informasi product ketika kita memesan dalam kuantitas tertentu (8) maka muncul notifikasi bahwa kuantitasnya untuk produk tersebut tidak tersedia. Padahal di informasi product tertera bahwa product tersebut stoknya tersedia. Untuk mengurangi ambigu seperti di atas, alangkah baiknya jika mengganti status stock jika sudah tidak tersedia. 

Solusi yang kami sarankan adalah mengubah status yang tadinya tersedia dan tidak tersedia menjadi jumlah yang dapat langsung difetch dari database.

Severity rating (tingkat keparahan) menurut useit.com dalam kasus ini bernilai 3. Permasalahan tersebut merupakan permasalah cukup tinggi, Permasalahan tersebut dapat membuat user mengira bahwa stock selalu ada, dan ketika ingin membeli ternyata stock tidak ada. Dampak yang dapat ditimbulkan dari peristiwa tersebut adalah kekecewaan user. Jika user telah kecewa, maka dapat berlari ke situs petshoponline lain. Oleh karena itu perbaikan sistem terhadap kasus ini dapat dilakukan dengan level prioritas yang tinggi.


Sekian ulasan visibility and system status dari saya, sekali lagi saya tidak berniat untuk menjatuhkan. Semoga dapat menjadi koreksi bagi pihak yang di evaluasi. 

Terimakasih, Keep Cuma Iseng - ing!!

3 komentar : Leave Your Comments

  1. Menurut saya memang hal tersebut merupakan hal yang fatal dikarenakan hal tersebut akan membuat User kebingungan mengenai status harga yang ditampilkan. seharusnya hal itu diperhatikan semenjak pembuatan website dan pembuatan database nya.

    BalasHapus
  2. Untuk permasalahan 2, saya setuju untuk penambahan fungsi me-refresh data yang telah diinput dan permasalahan tersebut mungkin dapat diberikan severity rating yang lebih tinggi. Namun untuk permasalahan 1 saya rasa apabila item yang dipilih untuk dipindahkan ke dalam wishlist langsung berpindah dan menghilang akan sulit apabila terjadi kesalahan dalam pemilihan item, sehingga metode yang digunakan oleh pengembang menurut saya sudah baik.
    Permasalahan 3 jelas sangat jelas bahwa apabila terjadi ketidaksesuaian data dengan fakta yang ada dapat berakibat pada penurunan kualitas pelayanan sehingga severity rating yang diberikan mungkin bisa bernilai lebih tinggi.

    Nice post!

    BalasHapus
  3. Setuju jung sama reviewnya. Permasalahan nomor 2 seharusnya sistem mereka bisa update kuantitas itu secara real time agar tidak ambigu. Permasalahan nomor 3 seharusnya tidak perlu mengeluarkan message seperti itu, keterangan jumlah stok atau stok tersedia atau tidak pada halaman itu juga sudah cukup membantu.

    BalasHapus